Aktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Penyakit Kelamin dan Penyakit Menular Seksual

Sebelum memutuskan bahwa Anda terkena penyakit kelamin, ada baiknya untuk mencoba mengingat apa yang telah Anda lakukan beberapa hari terakhir yang berhubungan dengan organ vital.

Harus segera dilakukan pencegahan dan pengobatan secara medis sebelum menular kepada suami/istri Anda, karena efek dari penyakit ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap kondisi kesehatan, kejiwaan , fisiologis, psikologis, dan kehidupan bersosialisasi.

Apa Itu Penyakit Kelamin?

Penyebab utama penyakit kelamin atau penyakit menular seksual adalah kontak langsung aktivitas seksual diakibatkan oleh bakteri Chlamydia dan Gonorrhea. Penyakit kelamin dapat menular melalui kontak langsung aktivitas seksual maupun tanpa kontak langsung yaitu melalui cairan tubuh.

Penyakit kelamin disebabkan oleh

1. Virus (HIV, Herpes Genital atau Hepatitis)
  2. Chlamydia (Vaginitis)
  3. Mycoplasma, gangguan fungsi sistem reproduksi, bisa menyebabkan kemandulan
  4. Human Papillomavirus, virus yang menyebabkan bisul di alat kelamin
  5. Spirochete, yang menjadi penyebab penyakit sifilis atau raja singa
  6. Jamur Candida, penyebab peradangan pada vulva vagina

Apakah penyakit kelamin dapat disembuhkan?

Penyakit kelamin cukup berbahaya, karena beberapa penyakit menular seksual ada yang dapat disembuhkan dan ada yang tidak dapat disembuhkan. Seperti penyakit menular seksual (HIV atau herpes genital) tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi ada langkah-langkah pengobatan yang dapat dilakukan. Sebaiknya, Anda segera berkonsultasi langsung dengan Dokter spesialis, tidak ada kata terlambat untuk melakukan pengobatan.