Ginekelogi & Kesehatan Wanita

Wanita rawan terkena penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi, bisa disebabkan karena infeksi jamur maupun virus.

Jika Anda memiliki gangguan pada sistem dan alat reproduksi, harus segera dilakukan pencegahan dan pengobatan secara medis karena efek dari penyakit ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap kondisi kesehatan, kejiwaan , fisiologis, psikologis, dan kehidupan bersosialisasi.

Ilmu ginekologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari kesehatan perempuan secara mendalam, ini mencakup penyakit pada sistem reproduksi wanita seperti ovarium, saluran tuba, vagina dan rahim.

Penyakit ginekologi itu berhubungan dengan penyakit sistem reproduksi wanita seperti keputihan, gangguan haid, endometriosi, vaginits dan lain-lain. Apabila penyakit ini tidak segera diobati, dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius

Setiap wanita sudah sewajarnya merawat tubuhnya dengan baik, ini termasuk menjaga kesehatan reproduksi dan aspek lain yang menyangkut sistem reproduksi agar terhindar dari segala penyakit yang berpotensi menyerang organ intim.

Ada baiknya dalam merawat organ kewanitaan, kita melakukan pemeriksaan ginekologi ke dokter secara berkala agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Apa Saja Penyakit Umum Ginekologi?

Mari mengenal gejala penyakit ginekologi pada wanita, antara lain

1. Vaginitis, Gejala yang paling umum pada penyakit vaginitis adalah rasa gatal dan sensasi terbakar di daerah vagina. Keputihan yang berwarna kuning dan berbau tidak sedap juga merupakan gejala vaginitis.
  2. Radang Panggul, Rasa nyeri timbul pada bagian bawah punggung ketika buang air kecil dan pada saat berhubungan seksual.
  3. Cervicitis, Timbulnya rasa gatal dan adanya iritasi, pendarahan, keluarnya cairan dari vagina setelah menstruasi dan rasa sakit pada saat hubungan intim.
  4. Kista Ovarium, Gejala kista ovarium perut dan dada bengkak, diikuti rasa kembung dan berat, pada saat buang air kecil kandung kemih seperti tertekan, haid jadi tidak teratur dan lain-lain.

Apakah Ginekologi Itu Berbahaya?

Seperti pada penyakit umumnya, apabila penyakit ginekologi tidak dirawat dan di deteksi secara dini, penyakit tersebut dapat membahayakan nyawa pasien. Alangkah baiknya melakukan pengecekan secara berkala demi mencegah hal yang tidak diinginkan.

Apakah anda merasa terkena penyakit ginekologi? Klik aja gambar di sebalah kanan ini, dan bicarakan masalah anda dengan konsultan medis kami.