Cystitis adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih, biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coli. Cystitis merupakan masalah yang biasa atau sangat umum, terutama pada wanita dewasa. Istilah lain dari penyakit ini adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK), yaitu infeksi yang melibatkan ginjal, ureter, buli-buli maupun uretra.

ISK diklasifikasikan berdasarkan lokasi infeksi di dalam saluran kemih. Pada ISK, sering didapatkan bakteri di dua lokasi yang berbeda karena adanya hubungan satu lokasi dengan lokasi lainnya. ISK dibagi menjadi dua, yaitu ISK non komplikata akut pada wanita, pielonefritis non komplikata akut, ISK komplikata, Bakteriuri Asimtomatik, ISK rekurens, uretritis dan urosepsis.

Pielonefritis akut atau biasa disebut PNA adalah proses inflamasi parenkima ginjal disebabkan oleh bakteri. Hal ini terjadi akibat lanjut dari infeksi bakteri yang berkepanjangan atau infeksi masa kecil. Pada kondisi ini, infeksi kandung kemih dapat menjadi masalah kesehatan yang serius jika bakteri pindah ke ginjal, menyebabkan apa yang disebut pielonefritis.

Sementara Cystitis adalah penyakit yang sederhana, pielonefritis dapat menyebabkan sepsis dan akibatnya mati oleh infeksi umum. Lebih dari 80% dari ISK disebabkan oleh bakteri yang hidup dalam usus kita, atau yang biasa disebut Escherichia coli (E. coli).

Selain itu, ada juga ISK uncomplicated (simple) dan ISK complicated. ISK Simple adalah infeksi saluran kemih yang terjadi pada orang yang sehat dan tidak menyebar ke bagian tubuh atau organ lainnya. ISK simple dapat sembuh sempurna dengan pemberian obat.

ISK Complicated adalah infeksi pada saluran kemih disebabkan oleh kelainan anatomis, dapat menyebar ke bagian atau organ tubuh lainnya, bertambah berat dengan underlying disease ataupun bersifat resisten terhadap pengobatan. ISK jenis ini susah untuk diobati.

Infeksi terjadi ketika bakteri, yang harus tetap di saluran usus, dapat menjajah daerah sekitar vagina. Kolonisasi wilayah vagina adalah langkah pertama dalam pengembangan Cystitis. bakteri ditanggung dari usus yang dapat menetap di sekitar vagina lebih mampu menembus uretra dan mencapai kandung kemih. Strain E. coli yang menyebabkan ISK tidak berbahaya jika mereka tetap dalam usus. Mereka hanya menyebabkan penyakit, jika mereka memenuhi organ tubuh lainnya seperti kandung kemih.

Kebanyakan orang biasanya berpikir bahwa jika Cystitis terjadi ketika bakteri biasanya ditemukan dalam kotoran menjajah daerah vagina, hanya cukup untuk mencuci vagina dan daerah sekitar mereka untuk membunuh penyusup ini dan mencegah infeksi.

Memiliki Cystitis tidak berarti memiliki kebiasaan kebersihan yang buruk. Bahkan, dua ekstrem mendukung ISK: kebersihan yang buruk atau terlalu banyak kebersihan.

Gejala-gejala yang timbul akibat ISK adalah:

• Sensasi terbakar saat buang air kecil, yang disebut disuria
  • Urgensi untuk buang air kecil dan kesulitan menahan kencing.
  • Bahkan akan buang air kecil ketika kandung kemih kosong.
  • Berat di perut.
  • Kehadiran Darah dalam urin, yang disebut
  • Nyeri punggung dan demam juga dapat terjadi, tetapi ketika gejala ini timbul harus memikirkan pielonefritis, terutama jika demam tinggi dan disertai dengan muntah, kehilangan nafsu makan dan malaise.

Beberapa orang mengaitkan satu urin dengan bau yang kuat dari infeksi urin. Hal ini paling sering tidak nyata. Penyebab utama bau yang kuat adalah urine yang sangat terkonsentrasi. Jika urin Anda berwarna kuning dengan bau yang sangat kuat dan buruk, Anda harus minum lebih banyak. Hal ini biasanya memecahkan masalah dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Dalam sebagian besar kasus diagnosis Cystitis adalah klinis dan kebanyakan dokter meresepkan pengobatan tanpa meminta apapun dari pemeriksaan. Jika ada mudah, Anda dapat meminta analisis urin dengan cepat untuk mengkonfirmasi kehadiran nanah, tetapi ini tidak wajib. Semua cystitis harus selalu diobati dengan antibiotik untuk mencegah kekambuhan dan pengembangan menjadi pielonefritis. Secara umum, hanya tiga hari cukup.

Pengobatan ini sederhana dan harus selalu dilakukan dengan antibiotik yang tepat. ISK adalah penyakit yang sangat umum, terutama pada wanita. Sekitar 60% dari wanita dewasa akan memiliki setidaknya satu episode infeksi saluran kemih (ISK) selama hidup.