Balanitis adalah terjadinya peradangan pada mukosa kepala penis yang mempengaruhi permukaan bagian dalam kulit yang mengelilinginya, atau kulup  yang disebut dengan balanoposthitis.

Balanitis disebabkan oleh iritasi dari sabun, salep atau gesekan langsung kain. Akan balanitis sering terjadi karena infeksi seperti bakteri, virus dan jamur. Mikroorganisme ini sering dikaitkan dengan sel shedding dari kepala penis untuk membentuk smegma, agen infeksi ini dapat ditularkan selama hubungan seks atau kebersihan yang buruk.

Semua usia dapat mengalami balanitis, cenderung terjadi pada anak usia di bawah 4 tahun dan pria yang tidak disunat.

Balanitis adalah peradangan kelenjar atau kepala penis yang bisa dihasilkan oleh penyebab yang berbeda, seperti infeksi jamur, kebersihan yang buruk, penyakit menular seksual (PMS), diabetes yang tidak terkontrol, dermatitis, alergi, psoriasis atau penyakit kulit lainnya.

Hal ini sangat tidak biasa pada pria yang sudah disunat. Tanda-tanda karakteristik penyakit di bagian tubuh lain atau tes khusus dapat membantu menentukan penyebabnya dari balanitis. Ketika penyebab tidak didefinisikan, balanitis disebut tidak spesifik. Secara umum, itu muncul sebagai peradangan akibat proliferasi bakteri atau jamur (Candida albicans).

Tanda-tanda dan gejala balanitis

• Ruam merah atau merah muda pada glans, disertai dengan pengelupasan
  • Kemerahan dan pembengkakan kelenjar
  • Kehadiran sekresi yang jelas atau putih
  • Gatal, ketidaknyamanan, terbakar dan nyeri
  • Nyeri di penis
  • Pembengkakan kulup, yang dapat menghalangi paparan dari kepala penis
  • Balanite
  • Iritasi kelenjar
  • Balanitis (peradangan glans)
  • Nyeri buang air kecil
  • Sesak di kulup
  • Gatal di alat kelamin
  • Timbul kemerahan pada penis
  • Nyeri di daerah genital
  • Terasa sakit pada testis
  • Nyeri pada kulit penis
  • Lepuh kecil atau bercak putih pada penis
  • Ketika ujung penis Anda menjadi bengkak, itu menciptakan tekanan pada uretra melahirkan nyeri buang air kecil.

Beberapa tanda dan gejala balanitis adalah sama dengan dari beberapa infeksi menular seksual ataupun candida.

Jika Anda mengalami penyakit Balanitis, konsultasikan masalah Anda dengan Dokter Spesialis Balanitis di Klinik Utama Gracia, yang berlamatkan di Jalan Cideng Barat No 73, Gambir, Jakarta Pusat atau dengan langsung klik Konsultasi Medis Online atau langsung klik Buat Janji dengan Dokter.

Klinik Utama Gracia menawarkan layanan medis yang ideal dan maksimal demi kesembuhan, kenyamanan dan privasi untuk pasien.

Balanitis adalah terjadinya peradangan pada mukosa kepala penis yang mempengaruhi permukaan bagian dalam kulit yang mengelilinginya, atau kulup yang disebut dengan balanoposthitis.

Tanda-tanda dan gejala balanitis

• Ruam merah atau merah muda pada glans, disertai dengan pengelupasan
  • Kemerahan dan pembengkakan kelenjar
  • Kehadiran sekresi yang jelas atau putih