Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Obgyn adalah Singkatan yang berasal dari gabungan 2 akronim Obstetri dan Ginekologi. Yaitu ilmu yang khusus mempelajari atau pelayanan medis khusus/spesialisasi yang berhubungan dengan kebidanan/ginekologi.

Obstetric adalah Cabang ilmu bedah di bidang kedokteran khusus mempelajari tata cara perawatan/penanganan terhadap ibu dan janin selama masa kehamilan, proses melahirkan dan penanganan setelah melahirkan.

Gynecology adalah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi wanita (rahim, vagina dan ovarium).

Ginekolog adalah dokter yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan pelatihan khusus dalam kesehatan sistem reproduksi pada wanita, termasuk di dalamnya diagnosis, pengobatan gangguan dan penyakit. Biasanya, proses pendidikan dan pelatihan kedua bidang ini terjadi secara bersamaan.

http://klinikpenyakitkelamin.net/artikel/10-ginekologi/79-obgyn-adalah-ilmu-spesialis-ginekologi-obstetri-dan-ginekologi.html

Dokter kandungan/ginekolog adalah dokter spesialis yang menyediakan pelayanan medis, perawatan medis dan bedah untuk wanita serta memiliki keahlian khusus dalam kehamilan, melahirkan dan gangguan sistem reproduksi pada wanita. Termasuk di dalamnya perawatan prenatal, pencegahan, skrining tes Pap, keluarga berencana, deteksi penyakit menular seksual dll

Dokter kandungan/ginekolog biasanya bertanggungjawab sebagai dokter utama dan sebagai konsultan bagi dokter lain. Dokter Obgyn dapat membuka layanan medis praktek swasta, bekerja dalam pengaturan rumah sakit atau klinik, sebagai tenaga pendidik di universitas. maupun bekerja di bidang pelayanan kesehatan masyarakat.

Spesialisasi Dokter Obgyn

Dokter Obgyn dapat memilih spesialisasi pelayanan yang akan diambil, seperti:

  • Kondisi medis akut dan kronis
  • Endokrinologi
  • Ginekologi remaja
  • Pemeliharaan kesehatan selama kehamilan
  • Masalah perilaku
  • Kanker
  • Gangguan saluran kemih
  • Ginekologi operatif
  • Infertilitas
  • Kehamilan dan persalinan
  • Kesehatan preventif

Persyaratan Menjadi Dokter Obgyn

Persyaratan menjadi Dokter Obgyn menurut aturan yang ditetapkan oleh American Board of Obstetri dan Ginekologi (ABOG) antara lain:

  1. Memiliki Dokumen Persetujuan lulus dari sekolah Kedokteran.
  2. Memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh dewan obgyn.
  3. Melakukan pelatihan khusus (kehamilan dan masalah reproduksi).

Dokter Kandungan

Dokter kandungan adalah Spesialisasi bagi dokter yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dan pelatihan khusus bidang pengelolaan kehamilan, masa persalinan, dan masa puerperium (masa-masa langsung setelah melahirkan).

Mengapa Dokter Kandungan Di Dominasi Pria?

Biasanya profesi dokter obgyn atau dokter kandungan didominasi pria. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain waktu tempuh pendidikan panjang, persaingan ketat, persyaratan rumit, masa pendidikan berat.

Apa Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Dokter Kandungan Yang Sukses?

Untuk menjadi dokter kandungan (ginekologi) yang sukses, maka harus memiliki kemampuan mengevaluasi dan mendiagnosis penyakit, memiliki informasi yang bagus, pengalaman yang cukup karena pekerjaan ini membutuhkan konsentrasi tinggi serta penuh kesabaran dan kasih sayang kepada pasien.

Dokter kandungan selain menangani proses melahirkan (kandungan), juga memiliki kemampuan untuk mengatasi atau mengetahui pencegahan terkait dengan gangguan dan permasalahan kewanitaan seperti haid tidak teratur, radang panggul, polip serviks, keputihan, permasalahan kewanitaan lainnya.

Gelar Spesialis Kandungan

Gelar dokter spesialis kandungan adalah Sp.OG, artinya spesialis Obstetric (kandungan) dan Gynecology (kebidanaan). Masyarakat secara umum biasanya menyebut dengan istilah dokter Sp.OG untuk panggilan terhadap dokter kandungan atau dokter Obgyn.

Pendidikan Spesialis Kandungan

Untuk bisa menjadi dokter spesialis kandungan, diharuskan untuk menyelesaikan pendidikan dokter umum yang biasanya ditempuh sekitar 7 tahun. Di Indonesia, ada sekitar 16 universitas yang memiliki jasa pendidikan spesialis. Pendidikan spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis kulit adalah yang paling banyak diminati sehingga persaingan untuk masuknya sangat ketat.